Get More Stuff Like This In Your Inbox

6 Perbedaan SSD dan HDD Secara Lengkap

Karawang Tekno, 6 Perbedaan SSD dan HDD Secara Lengkap – HDD atau yang sering kita sebut dengan harddisk adalah media penyimpanan komputer yang berfungsi menyimpan data-data baik itu file maupun sistem atau program-program yang ada pada komputer kita. Harddisk sangat penting bagi komputer kita, semakin besar harddisk kita semakin baik pula kinerja komputer kita.

Solid State Drive atau SSD adalah salah satu media penyimpanan selain harddisk. SSD dan Hardisk memiliki fungsi yang sama yaitu sebagi media penyimpanan. Mana yang lebih baik? Tentu saja, jika dilihat dari perkembangannya lebih baik SSD. Karena SSD sendiri merupakan pengembangan dari teknologi Harddisk, jadi tentu saja lebih bagus dari SSD tinggi HDD karena semakin hari teknologi semakin berkembang.

Perbedaan SSD dan HDD

Perbedaan SSD dan HDD

SSD itu mirip dengan HDD. Yang tidak SSD tidak seperti pada lapisan seperti HDD. SSD menyimpan datanya pada chip chip memory flash yang saling terhubung satu sama liannya. Memori flash yang digunakan SSD memiliki kecepatan yang tinggi, lebih tinggi jika dibandingkan dengan HDD. Sayangnya harga SSD jauh lebih mahal dari HDD. Berikut penjelasan perbedaan SSD dengan harddisk, antara lain:

1. Ukuran dan Berat

Dilihat dari ukuran dan berat HDD dan SSD memiliki perbedaan yang cukup mencolok, dimana SSD memiliki ukuran yang kecil dan ramping, bandingkan dengan HDD yang memiliki komponen dan material seperti platter, head, dan komponen-komponen lainnya yang memengaruhi ukuran dan berat dari HDD. HDD sangat tergantung pada putaran piringan, hal ini memang ukuran HDD tidak bisa diperkecil.

2. Kecepatan Baca dan Tulis Data

Perbedaan yang paling signifikan antara HDD dan SSD adalah kecepatannya dalam membaca atau menulis data. Seperti yang sudah kalian ketahui, SSD memiliki kecepatan yang sangat tinggi, bahkan kecepatan mengolah data pada SSD 8 kali lebih cepat dari HDD. Proses booting pada PC atau laptop anda juga terkait dengan penggunaan media penyimpanan.

3. Komponen dan Prinsip Kerja

HDD dan SSD memiliki komponen dan prinsip kerja yang berbeda. HHD atau Harddis Drive terbuat dari komponen elektronik dan komponen mekanik, bagian pada pada HDD terdiri atas piringan, motor dan lengan yang berhubgan dengan piringan.

4. Efek yang Ditimbulkan

HDD memiliki dua komponen yaitu elektrik dan mekanik, karena memiliki komponen mekanik HDD menghasilkan efek samping yang buruk yaitu:

  • Panas yang berlebihan
  • Boros listrik
  • Putaran pada piringan menimbulkan suara bising atau gemuruh yang tinggi

Sedangkan pada SSD hanya terdiri dari komponen elektronik, karena hanya dihasilkan efek samping:

  • Panas, tapi tidak setinggi pada HDD
  • Hemat listrik, karena hanya membutuhkan listrik atau daya kurang dari 1 watt, beda dengan HDD yang membutuhkan daya hingga 10 watt
  • Tidak Berisik, karena tidak menggunakan piringan, SSD tidak ada suara seperti pada HDD.

5. Harga

HDD dijual dengan harga yang cukup terjangkau, untuk 1 HDD berkapasitas 1TB memiliki harga kisaran 600-700 ribu rupiah, untuk SSD harganya sangat mahal, dengan uang 600-700 ribu kalian hanya bisa mendapatkan SSD dengan kapasitas 120 GB, menurut saya harga ini sebanding dengan performa yang diberikan oleh SSD.

6. Fragmentasi

Apa itu fragmentasi? Fragmentasi adalah keadaan dimana suatu file atau data yang diletakan pada media penyimpanan tidaklis. HDD memiliki bentuk spiral dan sangat baik digunakan untuk menyimpan file-file yang berukuran besar yang ada pada blok-blok yang saling berdekatan.

Apakah fragmentasi berakibat buruk bagi HDD? Yah tentu saja, akibat dari fragmentasi, kinerja dari sebuah HDD bisa menurun. Untuk mengembalikan HDD ke keadaan semula, kita harus melakukan defrag. Beda dengan HDD, SSD tidak akan mengalami defrag, karena data pada sebuah SSD disimpan pada sebuah chip flash.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Perbedaan SSD dan HDD, dimana SSD itu mirip dengan HDD. Yang tidak SSD tidak seperti pada lapisan seperti HDD. SSD menyimpan datanya pada chip chip memory flash yang saling terhubung satu sama liannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

You May Also Like

Rendy723

About the Author: Rendy723

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *