Get More Stuff Like This In Your Inbox

Cara Mengganti IP Address dengan Mudah pada Windows

Karawang Tekno, Cara Mengganti IP Address dengan Mudah pada Windows – Bagi Anda yang sering menggunakan internet atau sering mengutak ngatik koneksi internet pastinya tidak asing dengan yang namanya alamat IP. IP merupakan singkatan dari internet Protocol, IP adalah sebuah deretan angka yang dijadikan sebagai alamat pembeda antara komputer satu dengan komputer yang lain dalam satu jaringan.

Cara Mengganti IP Address

Dalam keadaan tertentu Anda pasti pernah mengganti alamat IP pada PC atau laptop yang Anda gunakan supaya bisa terhubung dengan server atau jaringan, atau Anda mungkin harus mengganti alamat IP Anda untuk keperluan yang lain seperti untuk sharing data dan sebagainya.

Manfaat dari IP address atau alamat IP adalah dengan adanya IP address, seseorang yang sedang memakai IP tersebut bisa dilacak atau diketahui lokasinya. Maka dari itu, IP address bisa mengganggu kegiatan yang bisa dianggap privasi.

IP address dibedakan menjadi dua, yaitu IP statis dan ip dinamis. IP address yang diatur secara manual biasanya disebut dengan nama IP statis, sedangkan IP address yang diperoleh secara otomatis dari server jaringan dan dapat berubah-ubah adalah IP dinamis. Berikut cara mengganti IP Adress dengan mudah pada windows, yakni :

1. Pertama-tama silahkan Anda buka Network and sharing center, caranya adalah dengan klik kanan pada simbol jaringan yang ada di sebelah kanan bawah layar komputer Anda.Kemudian setelah itu silahkan Anda pilih Open Network and sharing Center. Anda juga bisa membuka nya dengan melalui Run, caranya adalah dengan menekan tombol Windows+R, kemudian ketikan control.exe /name Microsoft.NetworkAndSharinhmgCenter kemudian tekan enter.

2. Setelah itu, silahkan Anda pilih Change adapter settings.

3. Silahkan Anda pilih adapter yang ingin Anda ganti alamat IP nya. Contohnya disini Anda ingin mengganti alamat IP terus yang ada pada jaringan atau adapter WiFi Anda. Namun pada contoh kali ini saya akan mengubah alamat IP adapter LAN saya. Jadi silahkan Anda klik pada adapter LAN atau Ethernet, kemudian silakan Anda pilih Properties.

4. Kemudian setelah itu silahkan Anda double klik pada internet Protocol version 4 (TCP/IPv4).

5. Silahkan Anda pilih use the following IP address, kemudian silahkan ketikan IP address yang Anda inginkan. Anda bisa mengisi default Gateway dan DNS server Jika perlu, namun tidak diisi juga tidak apa-apa. Setelah itu silahkan Anda pilih OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Cara Agar dapat IP Address Secara Otomatis

Agar bisa mendapatkan alamat IP secara otomatis, Anda harus terhubung dengan perangkat atau pc yang menerapkan layanan DHCP. Dengan menggunakan cara ini Anda tidak perlu repot-repot untuk mengganti atau menyeting IP address secara manual pada laptop atau komputer Anda. Caranya adalah dengan memilih opsi obtain an IP address automatically.

Layanan DHCP ini sering Anda temui pada cafe yang menyediakan free WiFi atau bahkan di sekolah Anda ada layanan DHCP nya.

Penutup

Demikian penjelasan tentang Cara Mengganti IP Address dengan Mudah pada Windows. Anda juga harus tahu dasar-dasar dalam mengganti IP address, jadi sangat disarankan untuk Anda memperdalam ilmu subnetting Anda. Jangan sampai Anda asal-asalan mengganti IP address pada komputer atau laptop Anda yang nantinya malah akan membuat pc atau laptop Anda tidak bisa terhubung ke internet atau server. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

You May Also Like

Rendy723

About the Author: Rendy723

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *