Get More Stuff Like This In Your Inbox

Ini Dia Cara Melindungi Flashdisk dari Virus Tanpa Software

Karawang Tekno, Cara Melindungi Flashdisk dari Virus Tanpa Software – Zaman sekarang hampir semua mempunyai flashdisk. Flashdisk merupakan media penyimpanan yang lumayan populer saat ini, selain karena mobilitasnya yang tinggi, flashdisk juga merupakan salah satu media penyimpanan yang bisa dicopot. Umumnya flashdisk ini digunakan untuk menyimpan data atau dokumen yang sewaktu-waktu akan di print.

cara melindungi flashdisk dari software tanpa software

Flashdisk memiliki bentuk yang kecil sehingga banyak orang tanpa repot membawanya kemana-mana. Karena semakin banyaknya orang yang mulai menggunakan flashdisk, sekarang sudah banyak peralatan yang menyesuaikan dengan colokan USB flashdisk mulai dari pemutar audio, sampai dengan pemutar video, mereka kebanyakan sudah dilengkapi dengan port USB untuk menancapkan flashdisk.

Memakai kapasitasi flashdisk yang hanya beberapa giga saja Anda sudah bisa menyimpan berbagai jenis file dan video di dalamnya, apalagi tera yang kapasitasnya seribu kalin dari gb. Dengan flashdisk berkapasitas gb ini dapat Anda beli dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari puluhan ribu rupiah. Keadaan ini berbeda dengan harga flashdisk pada jaman dulu dimana harganya sangat mahal walaupun kapasitasnya tidak sebesar sekarang.

Cara Melindungi dan Protect Flashdisk dari Serangan Virus

Hal yang menyebabkan flashdisk gampang terkena virus kemungkinan adalah karena sering dipindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain. Ini menyebabkan virus yang ada pada salah satu komputer menular ke flashdisk. Ketika flashdisk Anda terkena virus, maka pada flashdisk Anda akan muncul sebuah folder yang namanya autoturn.inf. Apabila sebuah flashdisk dicolokan ke sebuah komputer atau laptop yang di dalamnya terdapat sebuah virus, maka secara otomatis virus tersebut akan menular ke flashdisk.

Berikut ini adalah cara melindungi flashdisk dari virus tanpa software. Sebelum mengikuti langkah-langkah ini, pastikan kalau komputer Anda terbebas dari virus. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama silahkan siapkan flashdisk yang ingin Anda buat kebal terhadap virus, kemudian colokan flashdisk tersebut ke USB laptop atau komputer, dan Anda juga harus memastikan kalau flashdisk juga terbebas dari sebuah virus. Jadi Anda bisa scan flashdisk Anda terlebih dahulu dengan menggunakan antivirus.
  2. Setelah itu, buatlah folder di dalam flashdisk kalain kemudian berinama folder tersebut inf.
  3. Setelah itu, silahkan Anda buka folder yang Anda buat tadi (autoturn.inf). kemudian buatlah sebuah file dengan format .txt Anda bisa membuatnya menggunakan notepad. Untuk membuat file menggunakan notepad adalah dengan tekan Klik Kanan kemudian New pilih Text Document.
  4. Terus berilah nama file yang Anda buat tadi dengan menggunakan huruf-huruf yang unik, disini Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan windowns yaitu Character Map. Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan Anda masuk ke Start, cari Windows Accessoris, kemudian buka, dan disitu ada aplikasi yang namanya Character Map. Silahkan Anda buat nama menggunakan huruf-huruf unik dengan cara mengganti font tulisan menjadi font yang dibelakangnya berakhiran dengan Unicode, contonya adalah Arial Unicode. Sesudah itu copy huruf tersebut kemudian pastekan pada nama yang file yang tadi dengan cara Double Click dengan jeda waktu atau dengan cara Rename.
  5. Finish, flashdisk Anda sudah kebal terhadap virus.

Penutup

Demikian penjelasan tentang Cara Melindungi Flashdisk dari Virus Tanpa Software. Dengan ini flashdisk Anda menjadi kebal terhadap virus. Jadi virus tidak bisa membuat folder yang bernama autorun.inf dan juga virus tidak akan bisa menular. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Rendy723

About the Author: Rendy723

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *